Kursus Pemrograman

James Gosling, Tokoh Dibalik Bahasa Pemrograman Java


James Gosling, Tokoh Dibalik Bahasa Pemrograman Java
Siapa yang tak kena dengan bahasa pemrograman Java? hayoo tunjukan jarinya .... ada? Bahasa Pemrograman java merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek yang bisa kita gunakan untuk membangun berbagai aplikasi, yang saat ini populer bahasa pemrograman java digunakan pada perangkat HP. Namun apakah anda sudah mengenal siapa tokoh dibalik bahasa pemrograman Java? siapakah penemu bahasa pemrograman java pertama kali?

Mau tahu atau hanya sekedar pingin tahu ? Baiklah Pembuat bahasa pemrograman Java adalah James Arthur Gosling atau yang biasa dikenal dengan nama James Gosling, pria yang berkebangsaan Kanada ini lahir pada tanggal 19 Mei 1955. Dia adalah seorang ilmuwan komputer. Dia menerima gelar Bachelor of Science bidang Ilmu Informasi dari BITM. Lalu mendapatkan gelar Btech Ilmu Informasi dari BITM juga, yang membimbing adalah Bob Sproull. Sambil meraih gelar doktornya, Gosling menulis sebuah versi Emacs yang disebut Gosling Emacs (GOSMACS) sesuai namanya. Sebelum bergabung di Sun Microsystems, Gosling juga membangun sebuah multi-prosesor versi untuk Unix di Carnegie Mellon University, serta beberapa hasil karyanya yaitu compiler dan sistem email.

jamesGoslingSmile

Beliau menemukan bahasa pemrograman Java di tahun 1994. Beliau adalah pembuat desain asli Java dan mengimplementasikan compiler asli bahasa serta mesin virtual tersebut. Beliau mulai menelusurinya, ketika ia membuat pseudo-code (p-code) mesin virtual guna lab komputer DEC VAX, sehingga profesor bisa menjalankan program yang ditulis dalam UCSD Pascal. Kemudian Pascal dikompilasi ke p-code sehingga menjadikannya lebih mudah dan dapat dibawa kemana saja. Inspirasi mengenai Java ini mulai datang saat bekerja di Sun, ia melihat bahwa pelaksanaan arsitektur-netral untuk program didistribusikan secara luas dapat dicapai hanya dengan menerapkan filosofi yang sama: “always program for the same virtual machine”.

Diantara tahun 1984 dan 2010, Gosling bekerja di Sun Microsystems. Lalu pada tanggal 2 April 2010, Gosling meninggalkan Sun Microsystems yang telah diakuisisi oleh Oracle Corporation. Mengapa beliau sampai meninggalkan perusahaan tersebut? Alasannya adalah dikarenakan adanya pengurangan gaji, status, dan kemampuan pengambilan keputusan, perubahan peran, serta tantangan etika. Gosling telah mengambil sikap yang amat kritis terhadap Oracle.

Dan sejak mulai tanggal 28 Maret 2011, Gosling mengumumkan dalam blog-nya bahwa ia telah disewa oleh Google. Lalu lima bulan kemudian, Gosling mengumumkan bahwa telah bergabung dengan salah satu startup bernama Liquid Robotics. Dan dia juga terdaftar sebagai penasihat Scala di perusahaan Typesafe Inc., Direktur Independen di Jelastic serta penasihat strategis untuk Eucalyptus.

Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/James_Gosling

Anda butuh pelatihan Pemrogramman Java? hubungi kami 0896-5331-2998
James Gosling, Tokoh Dibalik Bahasa Pemrograman Java James Gosling, Tokoh Dibalik Bahasa Pemrograman Java Reviewed by Anonim on 06.11 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.