Kursus Pemrograman

Bedanya Aplikasi Berbasis Web dan Desktop


Bedanya Aplikasi Berbasis Web dan Desktop

Di tahun 2002 an saat kami baru mengenal dunia komputer, aplikasi berbasis desktop saat itu sangat booming dan banyak digunakan oleh perusahaan atau instansi pemerintah. Bahkan saat itu pemrograman berbasis desktop seperti menjadi kurikulum wajib di kampus-kampus. Sehingga saat itu kursus paling laku, lowongan paling banyak dicari ya aplikasi pemrograman desktop. 

Aplikasi seperti Visual Basic, Access Programming menjadi primadona dalam merancang dan membuat sebuah aplikasi. Namun seiring berkembangnya teknologi informasi, aplikasi desktop saat ini sudah mulai di tinggalkan. Kini banyak yang beralih ke aplikasi berbasis web. Apakah aplikasi berbasis web pada zaman dulu belum ada? saat itu aplikasi berbasis web base sudah ada seperti PHP namun tidak semudah sekarang yang teknologinya sudah berkembang pesat dengan munculnya Framework. Dengan menggunakan teknologi framework maka aplikasi bisa dibuat dalam waktu cepat dan hasilnya pun lebih baik.

Nah dalam tulisan yang singkat ini kami coba bahas sedikit tentang Bedanya Aplikasi Berbasis Web dan Desktop. Apa kelebihan-kelebihan yang bisa kita dapatkan jika kita menggunakan aplikasi berbasis web. Berikut keunggulan menggunakan aplikasi berbasis Web yaitu :

  • Kita dapat menjalankan aplikasi berbasis web dimanapun kapanpun tanpa harus melakukan penginstalan. 
  • Terkait dengan isu lisensi (hak cipta), kita tidak memerlukan lisensi ketika menggunakan web-based application, sebab lisensi telah menjadi tanggung jawab dari web penyedia aplikasi. 
  • Dapat dijalankan di system operasi manapun. Tidak perduli apakah kita menggunakan linux, windows, aplikasi berbasis web dapat dijalankan asalkan kita memiliki browser dan akses internet. 
  • Dapat diakses lewat banyak media seperti: computer, handheld dan handphone yang sudah sesuai dengan standard WAP. 
  • Tidak perlu spesifikasi computer yang tingggi untuk menggunakan aplikasi berbasis web ini, sebab di beberapa kasus, sebagian besar proses dilakukan di web server penyedia aplikasi berbasis web ini.
Sedangkan keunggulan menggunakan aplikasi desktop adalah :
  1. Dapat berjalan dengan independen, tanpa perlu menggunakan browser.
  2. Tidak perlu koneksi internet, karena semua file yang diperlukan untuk menjalankan aplikasinya sudah terinstall sebelumnya.
  3. Dapat dengan mudah memodifikasi settingannya.
  4. Prosesnya lebih cepat.
Sekarang semua pilihan tergantung bapak/ibu, apakah mau pakai aplikasi berbasis web atau desktop. Semoga Bermanfaat. 

Bedanya Aplikasi Berbasis Web dan Desktop Bedanya Aplikasi Berbasis Web dan Desktop Reviewed by Konsultan Digital Marketing on 16.39 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.