Kursus Pemrograman

GOPATH Dan Workspace

GOPATH  Dan Workspace
Apa kabar teman-teman? gimana Golang-nya? berhasil? Alhamdulillah kalau berhasil, sehingga pada pertemuan kali ini bisa kita lanjutkan dengan pembahasan berikutnya yaitu tentang "GOPATH Dan Workspace". Gimana teman-teman? bisa dilanjutkan ? OK Siap kita lanjutkan ya ....

Ada beberapa hal yang perlu kita siapkan sebelum bisa masuk ke sesi pembuatan aplikasi menggunakan Golang, yaitu setup workspace untuk Project yang akan kita buat. Dan pada tulisan kali ini kita akan belajar bagaimana caranya, sudah siap? Lanjut ...

Variabel GOPATH  

GOPATH adalah variabel yang digunakan oleh Golang sebagai rujukan lokasi dimana semua folder project disimpan. Gopath berisikian 3 buah sub folder: src , bin, dan pkg . 

Project di Golang harus ditempatkan dalam $GOPATH/src . Sebagai contoh anda ingin membuat project dengan nama belajar , maka harus dibuatkan sebuah folder dengan nama belajar , ditempatkan dalam src ( $GOPATH/src/belajar )

Path separator yang digunakan sebagai contoh di buku ini adalah slash / . Khusus
pengguna Windows, path separator adalah backslah


Setup Workspace 

Lokasi folder yang akan dijadikan sebagai workspace bisa ditentukan sendiri. Anda bisa menggunakan alamat folder mana saja, bebas, tapi jangan gunakan path dimana golang di-install. Lokasi tersebut harus didaftarkan dalam path variable dengan nama GOPATH. Sebagai contoh, penulis memilih path $HOME/Documents/go , maka saya daftarkan alamat tersebut. Caranya: 
  • Bagi pengguna Windows, tambahkan path folder tersebut ke path variable dengan nama GOPATH . Setelah variabel terdaftar, cek apakah path sudah terdaftar dengan benar. 
  • Bagi pengguna Mac OS, export path ke ~/.bash_profile . Untuk Linux, export ke ~/.bashrc 
Setelah GOPATH berhasil dikenali, perlu disiapkan 3 buah sub folder didalamnya, dengan kriteria sebagai berikut:
  • Folder src , adalah path dimana project golang disimpan
  • Folder pkg , berisi file hasil kompilasi
  • Folder bin , berisi file executable hasil build
Baik sepertinya untuk pembahasan GOPATH Dan Workspace cukup sampai disini dulu ya, kita lanjutkan lain waktu ya ...
GOPATH Dan Workspace GOPATH  Dan Workspace Reviewed by Konsultan Digital Marketing on 06.46 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.