Kursus Pemrograman

Berkenalan Dengan Bahasa Pemrograman C


Berkenalan Dengan Bahasa Pemrograman C
Semangat Pagi Kawan, Salam ngoprek dan ngulik ! Sambil ngoprek dan ngulik kami persembahkan sebuah artikel sederhana barangkali bermanfaat dan bisa menambah wawasan para opreker semua. Pada artikel kali ini kami coba bahas tentang Bahasa C yang pada tulisan sebelumnya kami pernah share bahwa bahasa C saat ini menempati urutan pertama bahasa yang digandrungi oleh para opreker. Mohon masukan dan kritiknya jika ada yang kurang dalam penyajian baik data dan tulisan yang belum teratur seperti layaknya seorang penulis yang terkenal.

Apa itu bahasa C?

C (bahasa pemrograman) adalah salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi atau tingkat lanjut bidang komputer. C dibuat oleh seorang yang bernama Dennis Ritchie pada tahun 1972 buat sistem operasi Unix di Bell Telephone Laboratories. C bisa digunakan untuk mengembangkan sebuah software (perangkat lunak) aplikasi, tetapi C lebih diutamakan untuk memprogram sistem dan jaringan komputer. C juga banyak digunakan oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer, bahkan terdapat beberepa compiler yang sangat populer telah tersedia.

Bahasa C memiliki kemampuan lebih dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang lain.  Bahasa C adalah bahasa pemrograman yang bersifat portabel, yaitu suatu program yang dibuat bahasa C dalam suatu komputer akan bisa dijalankan di komputer lain dengan sedikit (atau tanpa perubahan) ada perubahan yang berarti.

Bahasa C merupakan bahasa yang digunakan untuk pemrograman sistem, beberapa pemrograman sistem tersebut antara lain:
  1.     Assembler
  2.     Interpreter
  3.     Compiler
  4.     Sistem operasi
  5.     Program bantu (utility)
  6.     Editor
  7.     Paket program aplikasi

Kerangka dasar bahasa C

Layaknya bahasa pemrograman yang lainnya, bahasa pemrograman C memiliki kerangka dasar. Kerangka dasar bahasa C adalah sebagai berikut:
  1. Fungsi main(), Fungsi main() merupakan fungsi utama yang wajib ada pada setiap program yang kita buat dengan menggunakan bahasa C. Dalam sebuah project hanya boleh terdapat satu buah fungsi main() saja. Namun dalam bahasa C tidak membatasi pengguna untuk menggunakan satu fungsi main() saja tetapi kita juga bisa menggunakan fungsi-fungsi lain selain fungsi main() yang bisa mempermudah kita dalam membuat program dan bisa mengurangi konsumsi memori. 
  2. Deklarasi variabel
    Pendeklarasian variabel dilakukan untuk mendaftarkan variabel apa saja yang dibutuhkan dalam suatu program yang kita buat. Pendeklarasian variabel ini diharuskan untuk mencantumkan langsung tipe data dari variabel tersebut. 
  3. Perintah (statement)
    Perintah merupakan deretan program dalam suatu project. 
  4. Akses library
    Digunakan untuk mengakses library apa saja yang kita perlukan dalam membuat suatu program. 
  5. Komentar
    Komentar merupakan sebuah catatan kecil yang dituliskan oleh programmer (pembuat program) yang mana komentar ini tidak termasuk dalam proses compile.

Demikian sajian tulisan kami mengenai Berkenalan Dengan Bahasa Pemrograman C,  Semoga bermanfaat buat kita semua dan bagi sedang belajar bahasa C semoga dimudahkan dalam memahaminya, Aamiin.

Yang belum paham dan ingin memperdalam bahasa Pemrogramman C bisa merapat ke Mus Tech penyedia Kursus Pemrogramman C di indonesia
Berkenalan Dengan Bahasa Pemrograman C Berkenalan Dengan Bahasa Pemrograman C Reviewed by Anonim on 02.33 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.