Kursus Pemrograman

Mengenal Kode HTML



HTML - Ada yang tahu apa itu HTML ? HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language. 
Hyper Text Markup Language atau HTML dapat kita kelompokan menjadi dua suku kata Hyper Text dan Markup Language. Apa maksud dari keduanya? berikut penjelasannya :

Hyper Text berarti teks aktif maksudnya adalah sebuah teks yang memiliki kemampuan bisa terhubung antara teks suatu halaman dengan halaman yang lain.

Markup Language menjelaskan bahwa dokumen HTML ini disusun oleh tag- tag markup dan setiap tag pada HTML menjelaskan perintah isi dokumen yang berbeda- beda.

Apa Fungsi dari HTML?

HTML ialah teknologi dasar yang digunakan untuk membuat dasar dari sebuah halaman web dengan menghubungkan teks / link antar halaman, memberi struktur serta membagikan informasi yang terkait dengan sebuah halaman web. Lalu kenapa HTML pada Web dapat menampilkan animasi- animasi dan efek-efek yang bagus?Hal itu dikarenakan Konten sebuah web selain teks bisa bermacam- macam seperti video, audio, gambar, dan agar tampilan web kita semakin menarik biasanya didalam sebuah web di tambahkan Javascript sebagai animasi, dan CSS (Cascading Style Sheet) sebagai pemberi make-up atau style.

Penulisan Kode HTML

Untuk menuliskan kode program HTML kita perlu program yang namanya Text Editor. Ada banyak pilihan program text editor seperti : Notepad++, EditPlus dan program tet editor yang lainnya. 

Setelah program text editor kita install di laptop atau komputer kita, maka langkah selanjutnya adalah buka program text editor, lalu klik New => pilih html page. 

Untuk memulai HTML silahkan ketik :
<html>
   <head><title> Latihan </title>
</head>
<body>

Isi disini 

</body>
</html>

Setelah di ketik seperti program diatas silahkan simpan dengan extension .html (titik html).

Sampai disini kita telah membuat dasar kerangka web dengan kode dasar HTML. Kita lanjut pada pertemuan berikutnya.

HTML adalah sebagai dasar dalam belajar bahasa pemrogramman baik PHP, Java, Python dan bahasa-bahasa pemrogramman yang lainnya. 

Bagi yang mau belajar dan memperdalam ilmu HTML kami rekomendasikan tempat kursus FASTCOM atau MUS Tech yang menyediakan beberapa paket kursus programming. Info & pendaftaran langsung hubungi saja WA 0896-5331-2998.
Mengenal Kode HTML Mengenal Kode HTML Reviewed by Anonim on 10.16 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.