Kursus Pemrograman

Java 2 Enterprise Edition (J2EE)

Pada tulisan kali ini kita akan berkenalan dengan yang namanya J2EE atau Java 2 Enterprise Edition (J2EE), berhungung sifatnya baru kenalan kalau masih belum lengkap wajar ya .... J2EE mungkin pernah, sering atau belum pernah kita denger, nah biar merefresh yang sudah pernah denger dan membuka wawasan yang belum pernah denger berikut ini penjelasan singkatnya.
 
J2EE adalah salah satu klasifikasi teknologi Java 2 yang diperkenalkan oleh sun microssytems . Java 2 membagi teknologi dengan 3 platform : 
  1. Java 2 Standard Edition (J2SE). Platform ini berisi class-class inti Java dan GUI (Graphical User Interface) 
  2. Java 2 Micro Edition (J2ME). Platform ini menyediakan lingkungan runtime yang optimal untuk embedded system yang digunakan pada consumer produk seperti PDA, pager, handphone, 3G handshet, WebPhone, iTV dan sistem navigasi mobil. 
  3. Java 2 Enterprise Edition (J2EE). Platform ini mendefinisikan kumpulan standard-standard untuk implementasi  dan deploy aplikasi web, dimana didalamnya termasuk enterprise beans, servlet dan JavaServer Pages (JSP).

J2EE platform juga men-support untuk membangun aplikasi secara terdistribusi, yaitu dengan memperkenal keuntungan menggunakan aplikasi component berbasis model. Dalam J2EE diperkenalkan bagaimana tiga komponen teknologi yaitu EJB, servlet dan JSP bekerja sama untuk memungkinkan suatu pengembangan aplikasi enterprise yang multi-tier.

Dalam API J2EE class-class utama yang digunakan adalah : 
  • Servlets. Servlet adalah sebuah komponen web berbasis Java yang menggenerate isi web secara dinamis, servlet juga sebuah class yang dapat diload oleh Web Server dengan dinamis. 
  • JavaServer Pages. JSP adalah pengembangan dari model komponen servlet, JSP dengan mudah memproses dokumen HTML dan XML secara dinamais. 
  • Enterprise JavaBeans, EJB adalah sebuah komponen arsitektur untuk membangun, dan deploy aplikasi web berbasis object-oriented, komponen EJB dapat dipergunakan untuk berbagai aplikasi (reusable component)
Demikian sekilas info tentang Java 2 Enterprise Edition (J2EE), more info about java? silahkan hubungi 021-7874223/24 atau 0896-5331-2998 (Muslimin)

Java 2 Enterprise Edition (J2EE) Java 2 Enterprise Edition (J2EE) Reviewed by Konsultan Digital Marketing on 01.42 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.