Kursus Pemrograman

Tokoh DIbalik NodeJS Server Side Javascript


Tokoh DIbalik NodeJS Server Side Javascript

Sekedar memperkaya pengetahuan kita saja terkait siapa tokoh dibalik munculnya program NodeJs. Ada yang tahu siaa tokoh dibalik munculnya program NodeJs? baik secara singkat coba kami jelaskan semoga bermanfaat.

Nama-nya Ryan Dahl, seorang developer dari sebuah perusahaan yang bernama Joyent, merupakan pencetus dan pencipta NodeJS. Sebuah server side scripting yang berbasis Javascript V8 serta memiliki keunggulan dengan teknologi non-blocking socket. Teknologi NodeJS memungkinkan kita untuk melakukan dua hal berbeda secara bersamaan. 

Seperti yang dilansir dari VentureBeat, NodeJS adalah salah satu teknologi yang mendapatkan penghargaan Technology of The Year dari InfoWorld dan merupakan teknologi yang paling banyak diawasi di Github.Seperti yang dikutip dari BostInno, alasan Dahl memilih Javascript sebagai bahasa pemrograman dari Node karena bersifat single threaded, belum pernah dikembangkan sebagai "server-side", dan belum ada libraries yang lengkap untuk hal tersebut. 

Sebelumnya Dahl memilih Haskell, Lua, dan C untuk digunakan di Node. Hanya saja Dahl tidak begitu paham untuk mengotak - atik GNU Haskell Compiler (GHC), kurang berkenan dengan banyaknya library Lua yang bersifat blocking dan keterbatasan untuk mengutak - atiknya. Begitupun dengan C yang sama halnya dengan Lua, sehingga pilihan jatuh kepada Javascript sebagai bahasa dari Node.

Teknologi yang dikembangkan Dahl.Ryan Dahl menciptakan NodeJS karena pencariannya terhadap teknologi yang mampu membuat performa sebuah website lebih cepat dan realtime. Dengan teknologi yang diciptakannya melalui NodeJS ini, performa web yang dibangun dapat lebih meningkat lagi. Hanya saja Ryan Dahl tidak terlibat dalam mengembangkan NodeJS secara langsung. Dahl lebih memilih menjadi advisor dan membiarkan komunitas dan kontributor untuk membangun NodeJS.

Kini NodeJS sudah mampu mengakses berbagai database seperti MongoDB, CouchDB, MySQL, SQlite3, PostgreSQL, Oracle, dan lainnya. Selain itu hadir pula web framework yang didedikasikan untuk mempermudah pembangunan sbeuah website dengan menggunakan NodeJS yang dinamakan ExpressJS dan Geddy.

Telah dibuka Kelas NodeJs untuk reguler class, Privat dan InHouse Training.
Tokoh DIbalik NodeJS Server Side Javascript Tokoh DIbalik NodeJS Server Side Javascript Reviewed by Anonim on 11.07 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.