Kursus Pemrograman

10 Bahasa Pemrograman Terpopuler di Dunia

Bahasa pemrograman yang tersedia saat ini sudah banyak sekali, mulai dari Java, Android, PHP, Python, C++ dan masih banyak lagi. Dalam pengembangan para developer mania menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda-beda sesuai dengan yang diminati. Namun begitu banyaknya bahasa pemrograman yang ada saat ini, terdapat beberapa bahasa pemrograman yang terpopuler dan tentu banyak digunakan, apa saja bahasa pemrograman yang paling popoler di 2016 ini, mari kita simak sama-sama.

Berdasarkan info dari salah satu website http://pypl.github.io, bahwa bahasa pemrograman terpopuler ada 17 Bahasa Pemrograman. Menempati urutan pertama adalah Java, dan yang mengalami penurunan di 2016 per februari adalah PHP dan Matlab. Data ini tentu sangat bermanfaat buat anda yang ingin belajar bahasa pemrograman, bahasa pemrograman apa yang seharusnya dipelajari. Selin buat yang ingin belajar data ini sangat bermanfaat buat para penyelenggara kursus Pemrograman. Apa yang lagi trend saat ini berdasarkan data yang valid menjadi penting. Nah semoga tulisan ini bermanfaat buat semua baik temen-temen yang sedang belajar bahasa pemrograman maupun para penyelenggara kursus. Berikut ini daftar bahasa pemrograman terpopuler saat ini :

Ternyata berdasarkan data 2015 Java masih menempati posisi nomor satu sebagai bahasa terpopuler. Tertarik untuk belajar Java? Silahkan Hubungi tempat kursus Programming Java terdekat. Berikut kami ulas 5 bahasa terpopoler yang menempati urutan 1 - 4 yaitu :

Java

Java adalah bahasa pemrograman yang paling populer digunakan di dunia untuk saat ini. Awalnya Java dikembangkan pada tahun 1991 dalam proyek Green yang dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling saat masih di Sun Microsystem.

Kini bahasa pemrograman Java sudah resmi dimiliki oleh perusahaan Oracle setelah Sun Microsystem melepasnya. Java ini merupakan salah satu bahasa pemrograman yang bertenaga untuk mengembangkan aplikasi desktop, web, bahkan mobile.

Bahasa pemrograman Java ini populer di kalangan developer Android karena rata-rata untuk pengembangan aplikasi di platform Android ini menggunakan bahasa pemrograman Java.


Python

Bahasa pemrograman yang satu ini menjadi populer karena mudah dipelajari dan bertenaga. Python sendiri awalnya dirancang oleh Guido Van Rossum pada tahun 1991. Nama Python sendiri berawal dari acara komedi Monty Python yang hit di tahun 70-an.

Python merupakan bahasa pemrograman interpretatif yang memiliki kapabilitas, kemampuan dengan sintaksis kode yang jelas dan fungsionalitas pustaka standar yang besar serta komprehensif,. Bisa dibilang sintaks-sintaks yang ditawarkan oleh Python ini dapat dengan mudah dipahami dan dipelajari. Salah satu perusahaan besar yang menggunakan Python ini adalah Google. 

PHP

Awalnya PHP merupakan singkatan dari Personal Home Page dan seiring berjalannya waktu singkatan PHP menjadi PHP : Hypertext Propocesor. Bahasa pemrograman ini sendiri dikembangkan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1994.

PHP ini merupakan bahasa pemrograman yang populer digunakan untuk membangun website dinamis karena teknologinya yang server side scripting. Dengan teknologi pemrograman web ini membuat skrip dikompilasi atau diterjemahkan di server sehingga memungkinkan dalam menghasilkan halaman web yang dinamis.

Bahasa pemrograman ini juga dapat digunakan untuk membuat CMS. Beberapa CMS yang terkenal menggunakan PHP adalah WordPress dan Joomla. 

C#

Bagi developer yang biasa menggunakan Microsoft Visual Studio, tentunya telah mengenal bahasa pemrograman yang satu ini. C# sendiri dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari inisatif kerangka .NET Framework yang menggunakan gabungan prinsi dari C dan C++.

Bagi developer yang tidak memiliki Microsoft Visual Studio untuk mengkompilasi kode-kode program dari C# ini maka dapat mencoba menggunakan Mono. Selain itu, bahasa pemrograman C# ini populer digunakan untuk pengembangan game di game engine populer seperti Unity.

C# juga populer untuk mengembangkan aplikasi yang berbasis Windows maupun Windows Phone. Menariknya, dengan kehadiran Xamarin disertai Microsoft Visual Studio 2015 telah memungkinkan developer dapat mengembangkan aplikasi di Windows, Android, dan iOS dengan menggunakan C#. 

Gimana sudah punya pilihan mau belajar bahasa pemrograman apa? atau masih bingung karena banyak pilihan? Kalau masih bingung kami sarankan konsultasikan terlebih dahulu sebelum anda mengambil keputusan mau belajar bahasa pemrograman apa. Salah satu tempat yang bisa anda datangi untuk kosultasi adalah tempat penyelenggara kursus yang terpercaya dan berkualitas, misalnya Mus Tech/FastCom. Merupakan salah satu penyelenggara kursus pemrograman yang sudah berpengalaman, terpercaya dan berkualitas. Silahkan hubungi 0896-5331-2998.


10 Bahasa Pemrograman Terpopuler di Dunia 10 Bahasa Pemrograman Terpopuler di Dunia Reviewed by Anonim on 09.54 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.